Jumat, 09 Desember 2011

Bob Marley Juga Ikut Audisi

Album foto: Artikel Reggae Internasional (Istimewa)
Seruu.com - Tahun 1962, Bob Marley mengikuti audisi pada seorang pengusaha musik lokal bernama Leslie Kong dan Kong terkesan dengan kualitas vokal Bob. Kong kemudian mengundang Bob Marley muda untuk merekam vokalnya dalam beberapa lagu. Lagu yang pertama direkam berjudul Judge Not yang kemudian dirilis pada label Beverley's dan lagu ini pula yang menjadi lagu rekaman pertama Bob Marley.
Termasuk dalam sesi rekaman tersebut beberapa lagu yang juga direkam, berjudul Terror dan One Cup of Coffee. Akan tetapi lagu-lagu tersebut jarang diputar pada on air di radio-radio pada saat itu, hal ini dikarenakan lagu-lagu tersebut tidak hits dan kurang menarik perhatian pendengar musik di Jamaika.
Kemudian pada tahun 1963, Bob Marley, Bunny Livingston dan Peter Tosh merekrut Franklin Delano, Beverly Kelso, Cherry Smith dan Alexander Braithwaite atau yang lebih dikenal sebagai Junior Braithwaite yang merupakan anggota termuda dari vokal latar di kelompok musik ini. Dengan memadukan musik Calypso, Mento, Ska dan Rocksteady mereka membentuk sebuah kelompok musik yang dinamakan The Wailing Wailers.
Joe Higgs yang merupakan salah satu orang yang memberikan semangat dan ikut mendorong pembentukannya dan studio band The Upsetters serta personil Upsetters Aston ‘Family Man’ Barrett dan saudaranya Carlton atau dengan panggilan Carlie Barrett juga memberikan dukungannya untuk mereka.
Band baru ini memiliki mentor seorang pemain drum yang juga penghayat Rastafari bernama Alvin Patterson dan ia yang memperkenalkan band ini kepada Clement ‘Coxone’ Dodd seorang produser rekaman di Kingston, Jamaika. Pada musim panas tahun 1963 Dodd mengaudisi The Wailing Wailers dan merasa puas dengan hasil yang didengar dan dilihatnya secara langsung serta setuju untuk merekamnya. Maka terlahirlah album perdana The Wailing Wailers dengan hit singel pertamanya Simmer Down, yang juga  tak terlepas dari dukungan banyak musisi termasuk Skatalites dan Doreen Shaffer.
Pada bulan Januari 1964 singel tersebut menjadi nomor satu di tangga lagu Jamaika, posisi itu bertahan selama dua bulan dan The Wailing Wailers mulai diperhitungkan di belantika musik Jamaika serta merekam secara teratur pada perusahaan rekaman Dodd.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

About Me

Foto Saya
dilaDB
hellooo, u can call me DILA, im just ordinary n simple girl :) NO DRUNK AND DRUGS !! but cigarretes yuhuuu ~~~ >,< freak
Lihat profil lengkapku

Template by:

Free Blog Templates