Jumat, 09 Desember 2011

Lagu Reggae Untuk Anak

Album foto: Ruang Reggae (Istimewa)
Seruu.com – “Tak gendong ke mana-mana, tak gendong ke mana-mana”, lirik lagu ini sempat membahana ke seluruh negeri bahkan menjadi  lagu terlaris di Indonesia. Dalam beberapa minggu setelah video klipnya ditayangkan di televisi, lagu ini sudah dapat dinyanyikan oleh anak-anak pada usia balita dan saat pencipta lagunya Mbah Surip (alm) meninggal, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan jumpa pers di Istana Negara khusus untuk mengucapkan belasugkawa untuknya.
Hal ini bisa dikatakan prestasi dalam perkembangan musik Reggae, di mana karyanya dapat diterima dengan baik oleh berbagai kalangan. Mulai dari balita hingga Istana Negara. Akan tetapi seharusnya hal seperti ini tidak membuat musisi dan pencipta lagunya menjadi cepat puas, karena momen tersebut belum tentu bisa berulang apabila tanpa kerja keras dan keinginan yang kuat agar Reggae dapat diterima oleh semua kalangan termasuk anak-anak.
Perkembangan lagu anak-anak kini sangat menghawatirkan, bahkan kecenderungan yang terjadi adalah lagu-lagu dewasa kini seringkali dinyanyikan oleh anak-anak yang bukan di usianya. Permasalahan ini tampaknya juga menimbulkan kecemasan terhadap para orang tua. Sudah seharusnya hati Reggae di Indonesia tergerak untuk melakukan kepedulian terhadap perkembangan generasi di Indonesia, salah satunya bisa dengan menciptakan lagu hits khusus untuk anak-anak. 
Para maestro lagu anak di Tanah Air satu persatu telah meninggalkan kita, sebut saja AT Mahmud (alm) dan Ibu Sud (alm) dan lainnya, hingga produksi lagu-lagu anak yang hits menjadi berkurang. Termasuk hal yang utama, dalam lingkungan keluarga-pun saat ini kurang dalam mengenalkan anaknya terhadap lagu anak-anak sehingga perkembangan anak menjadi jauh menyimpang dari usianya.    
Oleh karena itu sudah seharusnya para musisi dan pencipta lagu Reggae mempertimbangkan untuk mempersembahkan karya-karyanya untuk anak-anak, demi kelangsungan perkembangan generasi di Indonesia agar tidak layu sebelum waktunya. Tak lupa ucapan salute untuk Mbah Surip (alm) yang telah menjembatani antar generasi Reggae di Indonesia dengan lagu Tak Gendong-nya. Salute!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

About Me

Foto Saya
dilaDB
hellooo, u can call me DILA, im just ordinary n simple girl :) NO DRUNK AND DRUGS !! but cigarretes yuhuuu ~~~ >,< freak
Lihat profil lengkapku

Template by:

Free Blog Templates